Langsung ke konten utama

SEMUA WANITA PENGEN CANTIK

Itu udah kodrat banget kayaknya... Semua wanita ngerasa ada aja yang kurang sama fisiknya. Yang gendut pengen langsing, yang kurus pengen agak berisi, yang hidungnya pesek pengen mancung. Bahkan seseorang yang udah semurna di mata orang lain aja masih juga ngerasa ada yang kurang. Siapa juga yang gak pengen secantik barbie...




waktu kecil aku punya banyak boneka barbie. Sebagai anak perempuan yang lugu dan suka berkhayal, kalo udah dewasa aku pengen secantik barbie. Tinggi, langsing dengan rambut panjang dan ikal. Setelah dewasa aku tumbuh menjadi wanita yang pendek, gendut dengan rambut ikal nyaris keriting yang susah banget panjangnya....

Kenapa ya cewek2 cendrung kepengan lebih cantik, kalo cowok kayanya jarang ngerasa ada kekurangan di fisiknya. Kemaren, waktu ke Dumai dan jumpa dengan teman cowok yang baru nikah. aku nanya ma dia, ini dialog yang terjadi :

"Gimana rasanya nikah bang?" terus si abang menjawab, "Enak, makanya jangan kelamaan pacaran..." okelah, itu jawaban standar orang yang baru menikah, masih wajar. Terus si abang nyambung kata2nya, "Istri itu kaya makanan. kalo lapar dimakan kalo gak lapar ya gak dimakan." LHO? mulai tidak manusiawi. aku diam aja waktu dia ngomong kaya gitu, tapi sekarang jadi kepikiran. Kata2nya mengandung banyak makna, makanan kan cepat basi, kalo basi  dibuang. Makanan juga bakalan jadi ampas, enaknya cuma sampai tenggorokan doang, terus pagi2 dikeluarin lagi dalam bentuk kotoran. Analogi yang mengerikan. Aku jadi kasihan sama istri si abang, kalo dia basi ntar, pasti dibuang. Aku lupa nanya, istri si abang termasuk jenis makanan perishable atau groceries. Mestinya istri si abang harus rajin2 perawatan di salon, supaya wajah tetap kencang, tubuh tetap langsing, jadi masa pakainya agak lama. Bisa kaya makanan kaleng yang  awet bertahun2.

Mudah2an kabogoh ku gak punya pikiran yang sama dengan si abang, Amiiiinnnnnn..... 

Jadi, si abang itu lah inspirasiku membuat postingan kali ini, ehm ehm.....

Enaknya jadi cewek cantik banyak, bakalan dapat prioritas kalo ngantri, bakalan mudah gonta ganti cowok, terus gak perlu keluar duit ekstra buat perawatan wajah, karena udah takdirnya jadi cantik. Waktu SMA aku punya teman yang cantik. Cantik nya menonjol banget. Maksudnya, sekali ngeliat langsung cantik. kan ada juga orang yang berkali2 dilat baru cantik. Namanya Sekar Wangi. Cantik sih, pertama lihat nya jadi gimanaaaa gitu, sirik. Tapi makin kenal makin ilfeel ngeliatnya. Gaya ngomongnya aneh, dagu nya suka dipanjang2in, lidahnya suka keluar2, pokoknya aneh. Sejak ngeliat gaya ngomongnya, dia gak cantik lagi  di mataku.

Lanjut! Sekarang ini, aku punya teman juga di kantor. Cantiiikkkk banget, beneran cantik. Kulitnya putih, hidungnya mancung, bibirnya tipis. Sekali aku ngeliat dia, aku terpesona, mikir sendiri, cantik banget cewek ini. Tapi sekarang ngeliat mukanya aja malas. Seumur hidup aku, dia orang yang aku kenal paling jelek sifatnya, tukang adu domba, munafik abis, karena suka membolak balikkan fakta, suka ngutang gak bayar, sering affair sama pria beristri, suka memanfaatkan orang dan yang terakhir ringan tangan, nyuri duit orang. Kalo udah gitu, apa gunanya jadi cantik????

Next, ada juga teman SMA ku, dulu biasa aja. kurus, kecil, dan gak menarik. Sekarang, enam tahun kemudian, dia jadi keliatan mahal. Keren, pintar, punya karir yang baik dan urban banget. Jadi, kadang kala, cantik itu suatu rekayasa budaya aja kan? Kita bisa terlihat cantik, kalo kita punya duit banyak, perawatan sekali seminggu di salon, beli baju yang keren2, pake produk kecantikan dari dokter spesialis, kemana2 gak kena debu karena naek mobil full ac. Pasti akan beda cantiknya antara Sandra Dewi yang turun dari mobil BMW Full ac dengan Sandra Dewi yang turun dari kereta ekonomi non ac. Kata emak ku, kalo orang kaya, cantik, wajar aja.

Okey, kasus lain tentang beauty... Aku punya teman, Rika namanya. Waktu baru kenal, aku ngeliat dia biasa aja. Yah cewek rata2lah, cantik nggak, jelek banget juga nggak. Mukanya jutek. Aku malas dekat, malas kenal. Tapi, makin ke sini, aku mulai ngeliat dia dari sisi yang berbeda. Emang dia gak cantik, tapi baik banget orangnya, ikhlas kalo bantuin orang, suka ketawa, ramah tamah dan sejuta sifat baik lainnya. Semua orang senang bergaul dengan dia, cowok2 banyak yang akrab dengan dia. Di mataku sekarang, dia cantik. Ternyata makin dewasa, penilaian seseorang tentang kecantikan makin luas. cantik gak hanya fisik aja. Tapi hati juga harus cantik. Pernah aku ngeliat cewek yang wajahnya patut dikasihani. Anaknya kecil, kurus, pokoknya memelas banget. Sekarang, setelah temenan ma dia, aku tau sisi menarik dari dia, badannya kaya manekin. Dipakaikan apa aja bagus. Baju murahan, kalo dia yang pake jadi keliatan mahal. Sekarang dia termasuk kategori cantik, emang wajahnya gak terlalu istimewa tapi ada sisi lain dalam dirinya yang membuat dia cantik. So lucky her....

So, sebagai wanita yang menyadari kalo cantik itu gak hanya dinilai dari fisik, aku gak minder lagi dengan fisikku yang gak sempurna. Pernah, aku tanya sama kabogohku, apa yang bikin dia suka sama aku, awalnya dia bilang gak ada alasan apa2. Terus aku tanya dan maksa dia untuk jawab, apa istimewanya aku dibanding cewek lain, dia bilang, aku pintar (HAAA?????), bisa ngertiin dia, suka ngambek dan polos (mungkin maksudnya bodoh!). Gak ada dia bilang karena manis atau karena bibir aku seksi. See, cowok2 dewasa dan matang secara mental gak akan menilai seorang wanita berdasarkan kelebihan fisik yang ia miliki. Tapiiiii, tetap aja, aku berusaha untuk lebih baik secara fisik. Emang gak dramatis banget sampe harus sedot lemak atau operasi plastik supaya hidungku agak mancung, aku cuma perawatan biasa, facial di salon dan diet gak sehat, maksudnya diet tapi tetap aja susah menghindari gorengan yang merupakan sumber lemak jahat. BTW, facial itu menyakitkan lho, muka diaduk2 sama kakak salon, jerawat dipencet, komedo dicongkel, sampai keluar air mata menahan sakitnya. Aku sempat melakukan hal nista waktu lagi facial, foto muka yang lagi dimasker. Ini hasilnya :




Hakhakhak... jelek banget ya. Tapi dengan perawatan rutin, hasilnya boleh juga. Jerawat2 yang biasanya datang silih berganti, sekarang udah mulai pensiun satu demi satu. Banyak pengorbanan cewek buat jadi cantik, menanggung sakit, biayanya mahal, menahan segala keinginan mencicipi makanan favorite dengan harapan bisa membuat pasangan untuk selalu berada di sampingnya, gak hanya menganggap dirinya sebagai makanan. So Guys....mudah2an kaum kalian lebih menghargai kaum hawa, bisa lebih matang dalam menilai kami semua, gak hanya karena cantik wajahnya dan sempurna tubuhnya aja, tapi juga menilai  hati serta segala kelebihan kami yang gak bisa dinilai dengan mata telanjang!!!!

Komentar

  1. ciee nanaan bahasanyaa semoga andie juga demikian #halah

    BalasHapus
  2. kok bawa2 nama aku nih? #ahem

    BalasHapus
  3. cih! mentang2 jerawatnya udah dikit dan ga gemuk lagi! cepetan traktir bakso tresno! hahahaha.

    BalasHapus
  4. ehm, kenapa bahasanya ta?

    BalasHapus
  5. gak gemuk lagi? kau berdusta anak muda!

    BalasHapus
  6. 1. nanan!! miss YOU!!
    2. lagi-lahi syndrome orang kebelet kawin. #ahem lagi
    3. kenapa nanan suka bikin analogi yang aneh-aneh sih? makanan lah, TV dan HP lah??!! -__-'
    4. cantik itu relatif.
    5. cantik itu terbagi, inner dan eksternal/ (loh?)
    6. ada yang cantik luar dalam, ada yang cantik luarny aja, ada yang cantik dalamny aja, ada yang ga cantik luar dalam. kasian. tapi itulah hidup. tidak adil!!
    7. aku pernah facial sekali. dipaksa si kakak salon. padahal aku cuma mau potong rambut. tapi aku tergoda. termakan bujur rayu. TERJEBAK!! facial itu mengerikan. sakit. gamau lagi.
    8. yang udah cantik #ahem TRAKTIR!!

    BalasHapus
  7. 1. Miss you too mira
    2. enak aja sindrome orang kebelet kawin....
    3. Itu teman kok yang ngomong, bukan aku....
    4. setuju!
    5. Inner dan outer
    6. Kok jadi curhat? hakhakhak....
    7. Heheee.... kekuatan seorang wanita dibuktikan saat facial, nak!
    8. hahahaaa.... kalo gitu ata donk, diet nya kan sukses

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ada blog baru ini jadi semangat buat posting. Maklum manusia purba , orang-orang udah basi tapi aku baru mulai, selalu begitu..... Jadi semalam pagi2 aku stress berat. idupin laptop gak bisa.. Padahal baru dicas sampe penuh P adahal laptop ku baru Tuhan apa yang terjadi? dengan nafsunya aku bawa laptop ke tukang serpis. sekalian komplen masa laptop baru udah rusak. sampe disana, abang yang nyerpis laptopnya cute dan kelihatannya masih sangat brondong. abang cute :"Kenapa laptopnya BUK?" ahhhh, aku ibuk2? aku : "gak mau idup bang, padahal baru di cas semalam jadi gak mungkin abis batere." Si abang cute langsung nyari cas laptop terus ngecas laptop ku. lima menit kemudian dia coba idupin dan LAPTOPNYA IDUP. IDUP!!! Langsung malu dan ingin mengubur diri. tapi tetap jaga wibawa di depan abang cute. aku : "cuma abis batere ya bang? oh, mungkin karena semalam kerja sampe pagi, jadi baterenya gak kuat." cuih cuih cuih, kerja? yang ada juga ketiduran sampai pa

MAMAK MAUNYA APA

Ini pertanyaan yang sedang mamak ajukan ke diri mamak sendiri, berkaitan dengan si kakak (halah). Rasanya, ilmu psikologi yang mamak pelajari selama 4.5 tahun sia-sia, karena anak sendiri pun gak bisa mamak kendalikan kelakuannya.  Jadi di rumah mamak, ada tetangga baru, rumah yang dulunya kosong, kini terisi kembali. Hati mamak gembira sekali, mana tetangga mamak ini bakul kue pulak. Ah, cocok kali rasa mamak kan. Tapiiiiiii.... si kakak, yang sangat antusias tetanggaan sama teman satu sekolah, euforianya keterlaluan. Buka mata pengen langsung main ke tetangga, dan jadi sering ngebentak-bentak kalo dibilang jangan pergi main. Yah, kan gimana ya, namanya juga orang, pengen tidur, istirahat, makan dan punya banyak waktu bersama keluarganya. Dan kalau si kakak main disitu berjam-jam, yang punya rumah pasti eneg, mau nyuruh pulang gak enak, mau dibiarin makin gak enak. Mamak udah ngasi ceramah sama si kakak, semua stok ceramah agama mamak udah mamak keluarkan. Tapi gak mempan

GAMBAR MAMAK

Semalam si kakak menggambar sesuatu di kertas bekas merk jaket. Dan pas udah selesai, taraaaaaaaa... Kata si kakak, "ini gambar bunda." Mamaknya sih ketawa, ngasi jempol. Dan si kakak mesem-mesem bangga dipuji mamaknya. Tapi sebenarnya dalam hati mamak bergejolak. Kenapa gambar mamak kaya gini, muka mamak dicoret-coret pulak. Maksudnya menggambarkan apa ini nak? Ditambah hidung mamak double gitu. Beserak-serak muka mamak yang ada dalam benak si kakak. Mungkin, ini teguran dari kakak dan Tuhan. Sebagai mamak, mamak masih berantakan dalam mendidik si kakak, gak bisa kasi contoh yang baik juga. Hobi ngomel dan marah-marah. Tiap dia mau ngomong disuruh diam. Sampai-sampai, si kakak tiap malam ngomong, "Bund, Pa, kakak haus." Mamak bapaknya yang flat ini ngomong, "minumlah kalau haus." "Kakak haus perhatian." Mamak sama bapak pandang-pandangan. Terus ketawa.  Padahal banyak makna pastinya dari kata-kata si kakak itu. Seja