Langsung ke konten utama

BUNGA TIDUR

Tahun2 cepat berlalu ya. Gak terasa udah mau masuk minggu ke-3 Januari  2010. Bentar lagi umur aku 26 tahun. Ih, cepat banget ya. Kalo aku misalnya, bisa hidup dengan menghitung rata2 umur manusia pada umumnya, yaitu 60 tahun, masa hidupku cuma tinggal 46 tahun. Itu kalo panjang umur, tapi kalo gak? IH... sekarang ini aku takut mati. Mungkin karena ibadahku yang lagi kacau balau. Pernah aku bilang sama ibu, aku pengen nikah sekarang, karena aku gak pengen punya anak piatu. Ibu heran, terus aku jelaskan, kalo aku nikah sekarang, mungkin umur 27 aku baru punya anak. Seandainya aku meninggal umur 50 tahun, anakku baru berumur 20an, dia bakal kekurangan kasih sayang dari ibunya, aku gak mau itu terjadi. Dan saat itu, ibu memandangku dengan nista, lalu ngomong, "Kenapa gak kawin waktu tamat SD aja." Ah, orang memang sulit mengerti isi hatiku. Kemarin juga gitu, waktu mau ke Dumai, aku mengalami patologi jiwa, takut mati. Kami berangkat jam 9 malam, dengan kondisi cuaca hujan deras, jalanan yang dikuasai oleh mobil2 besar dan kerusakan permanent di jalan lintas pekanbaru-dumai dibeberapa titik, lengkap sudah penderitaanku. Sebelum berangkat aku telepon kabogohku. Selain pamit, aku ngasi tau nomor pin atm ku, maksudnya atm ku yang isi nya hasil transferan dia semua, heheheee..... Dia heran ngapain aku kasih tau pin segala, dengan nelangsanya aku menjawab, kalo terjadi apa2 nanti dijalan denganku,  dan kalau terjadi hal yang terburuk, dia harus ngambil semua duit yang ada di ditu. Sumpah, dia ngakak abis dan langsung bilang, "BODOH!" dengan nada puas.


Lho, kenapa aku jadi curhat tentang isi otakku yang nista itu. Baiklah kembali ke topik di atas, Bunga Tidur atau Mimpi. Pasti semua orang pernah mengalaminya. Aku juga gitu. Bahkan kalo aku mau, mimpinya bisa aku sambung2. Jadi gini, tubuh kita kan punya batas waktu maksimal buat tidur. Biasanya kalo tubuh udah gak pengen tidur, tapi rasa malas menguasai sehingga memaksakan diri untuk tidur, mimpi nya bakal aneh2. lucu2. Seram2. dan sambung menyambung.



Tapi, believe it or not, mimpi yang terjadi pada saat tidur benar2 lagi nyenyak, sering  kali merupakan pertanda akan munculnya suatu kejadian. Mimpiku pada jam2 tidur nyenyak, sering kejadian. dan kejadiannya biasanya terbalik. Yang paling melekat dalam ingatanku ada empat. 

MIMPI

Aku nikah, dengan cowok yang aku gak kenal. Setelah ijab kabul, kami duduk di pelaminan. Keluarga ku berdirinya menjauh, yang ada di dekatku cuma Bang Dedi, kakak iparku. Gak lama, suami ku  itu pergi begitu aja meninggalkan pelaminan, tanpa ada kesan dan pesan. Aku diam aja tanpa merasa kehilangan, yang manggil justru Bang Dedi. Bang Dedi mengejar suami ku itu, tapi dia seperti menghilang dalam gelap.



KEJADIAN
Pagi2 waktu bangun tidur, ibu ngasih tau kalo keponakan Bang Dedi, anak kakaknya, meninggal di Jakarta atau Bandung gitu lah, tempat dia kuliah. Aku dan ibu langsung aja menuju ke Jl. Pepaya, ke rumah duka. Di sana udah rame teman2 SMA nya dulu. Cerita kematiannya simpang siur, ada yang bilang, kecelakaan, mabuk, bahkan ada yang bilang abis make narkoba terus kecelakaan ditabrak mobil. Okeh, itu gak penting. Kami lalu masuk ke dalam. Mama nya anak yang meninggal itu keliatan shock, walaupun gak sampe pingsan atau histeris. Dia cerita anaknya itu pintar, mahasiswa undangan dari universitas favorite di Jawa sana. Terus, dia menunjukkan foto ny. WOW... aku merinding disco, itu cowok yang semalam ada di mimpiku. Yang jadi suamiku. Rambutnya keribo dan badannya kecil. Aku ingat banget. Pantesan yang ngejar2 dia dalam mimpi itu Bang Dedi, mungkin waktu aku mimpi, kejadiannya lagi berlangsung. Karena waktunya hampir bersamaan, tengah malam.


MIMPI
Tahun 2009 kemarin aku ikut ujian CPNS. Aku lulus, namaku keluar sebagai salah satu peserta yang lulus. Aku bangga dan memberitahukan pada ayah ibu yang lagsung terharu mendengarnya.


KENYATAAN
Tahun 2009 aku ikut ujian CPNS, waktu pengumuman, namaku gak keluar di koran, artinya aku gak lulus. Waktu baca koran, aku ketawa dan bangga, karena aku mimpi nya pas malam sebelum pengumuman nya keluar. Jadi aku udah yakin aku gak bakal lulus. KEREN!!!

MIMPI
Temenku yang baru nikah, pengen cepat hamil. Pas dia ngecek pake test pack muncul garis dua, artinya positif. Dia langsung kasih tau aku. Terus suaminya. Suaminya senang banget dan langsung menggendong istrinya sambil mutar2 gitu.

KENYATAAN
Paginya, temen ku haid....
Heheee, aku langsung sms dia terus bilang, aku mimpi dia hamil, mudah2an benar. Dia bilang, amiiiin, tapi mungkin belum sekarang karena dia lagi haid.


MIMPI
Temanku kuliah hamil. Suaminya temenku juga waktu KKN. Pas istrinya melahirkan dia telepon aku, ngasih tau kalo anaknya lahir cewek. Aku bilang selamat ya terus tanya anaknya mirip siapa.


KENYATAAN
Teman kuliahku, yang suaminya teman KKN ku baru aja nikah. istrinya hamil dan lagi nunggu hari buat melahirkan. Pas lahir anaknya cowok. Dia sms aku dan bilang benar anaknya cowok. 
Aku emang sms dia abis mengalami mimpi itu, aku bilang, anaknya yang lahir nanti cowok, karena aku mimpi anaknya cewek. Kira2 mimpi itu sebulan sebelum dia punya anak.


Tapi gak semua juga mimpi yang menunjukkan adanya suatu kejadian. Kadang, mimpi benar2  hanya bunga tidur. Aku pernah mimpi digigit ular, katanya bakalan dapat jodoh, tapi ditunggu2 berbulan2, gak juga muncul cowoknya. Pernah juga aku mimpi, ada pesta di rumah ku. Menurut orang2 jaman dulu, itu mimpi gak bagus, karena bakalan ada keluarga yang tertimpa musibah. Aku udah deg2an, stres dan takut. Tapi Alhamdulillah, gak ada kejadian mengerikan yang menimpa orang2 terdekatku.


Oh ya, ada satu lagi. Tahun 2005an aku pernah memulai hubungan dengan seorang cowok. Putus nyambung udah ratusan kali terjadi, tapi kami tetap berusaha menjalaninya. Tahun 2007 an, aku putus sama dia. Benar2 putus dan gak ada nyambung2 lagi. Aku jadi ingat mimpiku, dalam mimpi aku didatangi bapak2 tua pake baju putih dengan tubuh bersinar2. Dia bilang, kalo si M (cowokku waktu itu) bukan jodohku. Jodohku nanti adalah seseorang dengan inisial.... (beneran lupa antara F, D, M, N, Z, H) terus si bapak ngasi liat gambarnya. Keren banget calon jodohku itu, kulitnya putih, rambutnya cepak agak ikal, pake kacamata, badannya agak gendut. Aku gak percaya sama mimpi itu, sampai akhirnya aku beneran putus sama si M aku jadi teringat2 mimpi itu lagi. Awal 2008 aku dekat sama seorang cowok, inisialnya R. Tanpa komitmen jadian kami menjalani hubungan sampai sekarang, yang penting kami tahu kalo kami saling sayang  dan sama2 punya tujuan untuk serius. Ciri2 fisik kabogoh ku,  kulitnya hitam, rambut semigondrong lurus, gak pake kacamata,dan kurus. Aku juga gak tau, apakah beneran mimpi itu pertanda, apakah nanti akhirnya kabogoh akan menjadi seseorang yang terakhir, yang jelas aku menjalani sambil berusaha sebaik2nya.


Jadi, mimpi itu bukan merupakan petunjuk dari Tuhan yang harus benar2 kita percaya. Banyak caraNya untuk memberikan petunjuk kepada kita, mimpi hanya salah satunya. Suatu saat, jika kita bermimpi buruk, anggap aja itu suatu peringatan agar kita lebih waspada.

Komentar

  1. huhahaha.. ibu ny nanan gokil. KENAPA GA KAWIN WAKTU TAMAT SD AJA???

    BalasHapus
  2. kata orang tua sih iya nanan, mimpi biasany kejadian kebalikanny.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ada blog baru ini jadi semangat buat posting. Maklum manusia purba , orang-orang udah basi tapi aku baru mulai, selalu begitu..... Jadi semalam pagi2 aku stress berat. idupin laptop gak bisa.. Padahal baru dicas sampe penuh P adahal laptop ku baru Tuhan apa yang terjadi? dengan nafsunya aku bawa laptop ke tukang serpis. sekalian komplen masa laptop baru udah rusak. sampe disana, abang yang nyerpis laptopnya cute dan kelihatannya masih sangat brondong. abang cute :"Kenapa laptopnya BUK?" ahhhh, aku ibuk2? aku : "gak mau idup bang, padahal baru di cas semalam jadi gak mungkin abis batere." Si abang cute langsung nyari cas laptop terus ngecas laptop ku. lima menit kemudian dia coba idupin dan LAPTOPNYA IDUP. IDUP!!! Langsung malu dan ingin mengubur diri. tapi tetap jaga wibawa di depan abang cute. aku : "cuma abis batere ya bang? oh, mungkin karena semalam kerja sampe pagi, jadi baterenya gak kuat." cuih cuih cuih, kerja? yang ada juga ketiduran sampai pa

MAMAK MAUNYA APA

Ini pertanyaan yang sedang mamak ajukan ke diri mamak sendiri, berkaitan dengan si kakak (halah). Rasanya, ilmu psikologi yang mamak pelajari selama 4.5 tahun sia-sia, karena anak sendiri pun gak bisa mamak kendalikan kelakuannya.  Jadi di rumah mamak, ada tetangga baru, rumah yang dulunya kosong, kini terisi kembali. Hati mamak gembira sekali, mana tetangga mamak ini bakul kue pulak. Ah, cocok kali rasa mamak kan. Tapiiiiiii.... si kakak, yang sangat antusias tetanggaan sama teman satu sekolah, euforianya keterlaluan. Buka mata pengen langsung main ke tetangga, dan jadi sering ngebentak-bentak kalo dibilang jangan pergi main. Yah, kan gimana ya, namanya juga orang, pengen tidur, istirahat, makan dan punya banyak waktu bersama keluarganya. Dan kalau si kakak main disitu berjam-jam, yang punya rumah pasti eneg, mau nyuruh pulang gak enak, mau dibiarin makin gak enak. Mamak udah ngasi ceramah sama si kakak, semua stok ceramah agama mamak udah mamak keluarkan. Tapi gak mempan

GAMBAR MAMAK

Semalam si kakak menggambar sesuatu di kertas bekas merk jaket. Dan pas udah selesai, taraaaaaaaa... Kata si kakak, "ini gambar bunda." Mamaknya sih ketawa, ngasi jempol. Dan si kakak mesem-mesem bangga dipuji mamaknya. Tapi sebenarnya dalam hati mamak bergejolak. Kenapa gambar mamak kaya gini, muka mamak dicoret-coret pulak. Maksudnya menggambarkan apa ini nak? Ditambah hidung mamak double gitu. Beserak-serak muka mamak yang ada dalam benak si kakak. Mungkin, ini teguran dari kakak dan Tuhan. Sebagai mamak, mamak masih berantakan dalam mendidik si kakak, gak bisa kasi contoh yang baik juga. Hobi ngomel dan marah-marah. Tiap dia mau ngomong disuruh diam. Sampai-sampai, si kakak tiap malam ngomong, "Bund, Pa, kakak haus." Mamak bapaknya yang flat ini ngomong, "minumlah kalau haus." "Kakak haus perhatian." Mamak sama bapak pandang-pandangan. Terus ketawa.  Padahal banyak makna pastinya dari kata-kata si kakak itu. Seja