Langsung ke konten utama

SİBLİNG RİVALRY

Sibling rivalry adalah permusuhan dan persaingan antara saudara kandung, dalam hal apapun, baik itu rebutan mainan, rebutan makanan, rebutan kasih sayang orang tua. Biasanya terjadi pada saudara kandung yang jarak umurnya dekat. Ada yang pernah mengalami?

Mamak ini adalah tipe orang yang punya short time memory, jadi ingatan mamak ini jangka pendek. Banyak memori lama yang mamak udah gak ingat sama sekali. Kadang kalo lagi ngobrol sama si bapak, bapak ngomong bla bla, mamak heran, terus nanya, bapak tau dari siapa. Disitulah bapak kek mau ngasah golok, karena menurut dia semua informasi (gosip tepatnya) dia dapetin dari mamak. Dan mamak gak ingat sama sekali (mamak kurang ngaji kayanya). 

Pengalaman waktu sd, smp, sma banyak yang lupa. Ada satu-satu yang ingat, tapi gak detail. Banyakan lupanya daripada ingatnya. Termasuk kejadian waktu mamak kicik, itu mamak keknya lupa semua. Kata si ibu, kakak kesayangan mamak, mamak dulu jahat waktu kecil, suka iri hati, apalagi sama si ibu, apa yang ibu punya mamak harus punya, mamak bisa histeris kalo mamak gak dapat apa yang mamak mau. Mamak juga pemalas, gak mau kerjain kerjaan rumah, ngamuk kalo disuruh nyapu, daripada masak nasi yang tinggal ceklek itu, mamak lebih baik gak makan. Dan mamak gak ingat kejadian itu semua. Padahal cerita mamak gak mau masak nasi itu waktu mamak smp atau sma gitu, belum lama. Begitu juga waktu si oman lahir, mamak dan oman jarak umurnya 9 tahun. Kata wawa, waktu oman lahir mamak sirik sama oman luar biasa. Sampe ngomong, gara-gara oman lahir mamak gak jadi anak bungsu. Kata wawa lagi, mamak sampai mau menganiaya oman, dan mamak gak ingat kejadian itu sama sekali. Entah memory macam apa yang ada dalam otak mamak ini. 

Tapi ada untungnya mamak gak ingat, jadi mamak gak ada ngerasa dosa sama si ibu dan oman. Punya sodara perempuan itu sungguh menyenangkan. Bukan, bukannya mamak bilang punya sodara laki-laki itu gak asik, nantik mamak gak diakui sama si oman Karena kalo ngomong sama oman itu, kita berasa kek kacang yang dilupakan kulitnya, gak responsif oman. Tapi kalo ngomong sama ibu, cerita hina pun bisa jadi besar, hahahha, maksudnya bisa direspon secara berlebihan sama si ibu. Jadi mamak senang ngobrol sama ibu, kaya berharga banget gitu kata-kata gak penting yang keluar dari mulut mamak. 

Kalo udah besar gak ada itu namanya sibling rivalry. Gak ada rasa iri sama sodara. Walaupun si ibu punya mobil, rumahnya gedek, mamak biasa aja tu (tapi kenapa dibahas mak?). Beda waktu kecil, si ibu sebagai anak paling tua (katanya) banyak mengalah sama mamak. Karena mamak gak ingat apa-apa ya sudahlah. Mamak percaya sama semua cerita ibu sampaikan.

Dan bersukurnya mamak, si kakak gak mengalami sibling rivalry yang berlebihan sama anak bayi. Awal-awal iya, dia merasa tersisihkan karena perhatian mamak sama bapak tercurah sama anak bayi. Namanya anak bayi, tentu perlu penanganan ekstra. Tapi tetap, namanya anak-anak. Si kakak juga gak mau berbagi mainan sama anak bayi, kalopun anak bayi dipinjemin, itu mainan yang paling jelek atau yang si kakak gak suka. Ya sebatas itu aja kecemburuan si kakak. Sewajarnya anak umur 5 tahun.

Tapi si kakak sayang sama anak bayi. Suka ngurusin adeknya, cium adeknya, jagain adeknya, suapin adeknya. Jauh lebih baik si kakak dari mamak dulu. ini mungkin karena mamak yang sukses mendidik si kakak (yang ini mamak pun kurang yakin), atau emang si kakak yang dari sononya baik hati.


Mamak gak kebayang kalo si kakak mengalami sibling rivalry kek mamak dulu, yang iri hati, dengki dan anarkis. Bisa-bisa anak bayi udah lebam-lebam 'dibantai' kakaknya. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ada blog baru ini jadi semangat buat posting. Maklum manusia purba , orang-orang udah basi tapi aku baru mulai, selalu begitu..... Jadi semalam pagi2 aku stress berat. idupin laptop gak bisa.. Padahal baru dicas sampe penuh P adahal laptop ku baru Tuhan apa yang terjadi? dengan nafsunya aku bawa laptop ke tukang serpis. sekalian komplen masa laptop baru udah rusak. sampe disana, abang yang nyerpis laptopnya cute dan kelihatannya masih sangat brondong. abang cute :"Kenapa laptopnya BUK?" ahhhh, aku ibuk2? aku : "gak mau idup bang, padahal baru di cas semalam jadi gak mungkin abis batere." Si abang cute langsung nyari cas laptop terus ngecas laptop ku. lima menit kemudian dia coba idupin dan LAPTOPNYA IDUP. IDUP!!! Langsung malu dan ingin mengubur diri. tapi tetap jaga wibawa di depan abang cute. aku : "cuma abis batere ya bang? oh, mungkin karena semalam kerja sampe pagi, jadi baterenya gak kuat." cuih cuih cuih, kerja? yang ada juga ketiduran sampai pa

MAMAK MAUNYA APA

Ini pertanyaan yang sedang mamak ajukan ke diri mamak sendiri, berkaitan dengan si kakak (halah). Rasanya, ilmu psikologi yang mamak pelajari selama 4.5 tahun sia-sia, karena anak sendiri pun gak bisa mamak kendalikan kelakuannya.  Jadi di rumah mamak, ada tetangga baru, rumah yang dulunya kosong, kini terisi kembali. Hati mamak gembira sekali, mana tetangga mamak ini bakul kue pulak. Ah, cocok kali rasa mamak kan. Tapiiiiiii.... si kakak, yang sangat antusias tetanggaan sama teman satu sekolah, euforianya keterlaluan. Buka mata pengen langsung main ke tetangga, dan jadi sering ngebentak-bentak kalo dibilang jangan pergi main. Yah, kan gimana ya, namanya juga orang, pengen tidur, istirahat, makan dan punya banyak waktu bersama keluarganya. Dan kalau si kakak main disitu berjam-jam, yang punya rumah pasti eneg, mau nyuruh pulang gak enak, mau dibiarin makin gak enak. Mamak udah ngasi ceramah sama si kakak, semua stok ceramah agama mamak udah mamak keluarkan. Tapi gak mempan

GAMBAR MAMAK

Semalam si kakak menggambar sesuatu di kertas bekas merk jaket. Dan pas udah selesai, taraaaaaaaa... Kata si kakak, "ini gambar bunda." Mamaknya sih ketawa, ngasi jempol. Dan si kakak mesem-mesem bangga dipuji mamaknya. Tapi sebenarnya dalam hati mamak bergejolak. Kenapa gambar mamak kaya gini, muka mamak dicoret-coret pulak. Maksudnya menggambarkan apa ini nak? Ditambah hidung mamak double gitu. Beserak-serak muka mamak yang ada dalam benak si kakak. Mungkin, ini teguran dari kakak dan Tuhan. Sebagai mamak, mamak masih berantakan dalam mendidik si kakak, gak bisa kasi contoh yang baik juga. Hobi ngomel dan marah-marah. Tiap dia mau ngomong disuruh diam. Sampai-sampai, si kakak tiap malam ngomong, "Bund, Pa, kakak haus." Mamak bapaknya yang flat ini ngomong, "minumlah kalau haus." "Kakak haus perhatian." Mamak sama bapak pandang-pandangan. Terus ketawa.  Padahal banyak makna pastinya dari kata-kata si kakak itu. Seja