Langsung ke konten utama

SETELAH LDM BERAKHIR

Jadi, setelah 5 tahun ldm, 2 tahun ini mamak dan si bapak alhamdulillah bisa tinggal bersama lagi. Apa yang berubah? Tentu banyak, salah satunya jumlah anak jadi nambah.

Awalnya, pasti berat untuk menyesuaikan diri lagi. Ibarat pengantin baru, mamak dan bapak memulai adaptasi dari awal lagi. Mamak gak suka kebiasaan si bapak, begitu juga sebaliknya. Mamak dan bapak terbiasa sama-sama bebas, terbiasa jauh, terbiasa jarang ketemu, terbiasa tidak memikirkan urusan sehari-hari satu sama lain. Tiba-tiba sekarang, mamak harus mikirin makan bapak, pakaian bapak, perlengkapan harian bapak. Awalnya stres pasti. Rasanya kok capek ya. Ngurusin anak 2, suami 1. Emosi tinggi. Rumah rasanya jorok terus. Tempat tidur gak pernah rapi. Kain kotor makin banyak. Cucian piring menumpuk. Banyak hal yang jadinya membuat mamak lemah letih lesu. Kerjaan rumah kaya unfinished business.

Mamak yang biasanya cuma mikirin si kakak, makan si kakak yang lebih sering beli jadi daripada masak, mengalami shock therapy saat harus bangun subuh, masak untuk bapak, mikirin bekal si kakak, mp asi anak bayi. Sukurnya si bapak ini type suami mandiri. Gak harus makan ditemenin, diambilin, kalau lagi gak enak badan bisa ngurusin diri sendiri. Karena terbiasa gak ada istri keknya, bapak pun jadi suami yang gak lenje.

Setelah menjalani hidup bersama lagi selama 2 tahun, mamak mulai bisa adaptasi, menyesuaikan ritme hidup. Udah bisa nyetel waktu jam berapa harus bangun supaya kerjaan rumah bisa beres sebelum berangkat kerja. Mamak juga bukan type istri yang suka nyusahin suami, mamak gak pernah minta bapak bantuin nyuci, nyuci piring, nyapu, beberes rumah, sampai sikat kamar mandi semua mamak handle sendiri. Yang penting pas mamak beberes, si bapak mau momong anak bayi, itu cukup bagi mamak. Biarlah mamak encok beberes sendirian.

Sekarang mamak lebih senang hidup bersama kaya gini. Asam garam selama ldm menjadikan mamak lebih banyak bersukur dengan kehadiran si bapak. Lihat anak-anak bisa puas main sama bapaknya, mamak bahagia. Lihat si bapak ada di depan mata selama 24 jam mamak bahagia. Lihat rumah berantakan karena kelakuan si bapak, mamak bahagia (separuh mengomel pastinya). Senang lah ada bapak. Ibaratnya walaupun beras habis, tapi bisa ketawa bareng melihat tempat beras yang kosong itu bisa ilangin separuh rasa lapar .

Anak-anak juga jauh lebih bahagia. Si kakak pun kaya trauma dia ditinggal si bapak kerja jauh lagi. Kalo rumah lagi rame, karena teman si bapak datang, si kakak selalu ngomong,

"Biarlah bund bapak ngerumpi sama kawannya, yang penting bapak gak pergi kemana-kemana."

Menikmati semua proses hidup itu penting. Bukan hanya senangnya, susahnya juga harus diresapi supaya hati kita menjadi lembut. Bisa mengambil banyak hikmah dari kehidupan kita. Pengalaman ldm selama 5 tahun jauh mendewasakan mamak. Seandainya dulu habis nikah mamak dan bapak langsung tinggal bareng, mungkin kami tidak akan 'setenang' ini sekarang. Mungkin emosi kami tidak akan sestabil ini. Mungkin dan banyak kemungkinan lainnya. Alhamdulillah, Allah menjauhkan kami selama 5 tahun, supaya kami sama-sama belajar. Belajar akan pentingnya kehadiran satu dan yang lain. Agar selalu bersukur ketika susah dan tidak gegabah dalam mengambil keputusan apapun. Menjadikan kami sama-sama mandiri dan kuat, tidak saling menyakiti satu sama lain dan menyadari betapa pentingnya kebersamaan.

Walaupun rumah lebih sering kotor daripada bersih, walaupun bapak lebih sering megang hp daripada megang tangan mamak, walaupun bapak lebih sering peluk si kakak daripada peluk mamak, mamak tetap bahagia pak. Aku padamulah pokoknya, Pak.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ada blog baru ini jadi semangat buat posting. Maklum manusia purba , orang-orang udah basi tapi aku baru mulai, selalu begitu..... Jadi semalam pagi2 aku stress berat. idupin laptop gak bisa.. Padahal baru dicas sampe penuh P adahal laptop ku baru Tuhan apa yang terjadi? dengan nafsunya aku bawa laptop ke tukang serpis. sekalian komplen masa laptop baru udah rusak. sampe disana, abang yang nyerpis laptopnya cute dan kelihatannya masih sangat brondong. abang cute :"Kenapa laptopnya BUK?" ahhhh, aku ibuk2? aku : "gak mau idup bang, padahal baru di cas semalam jadi gak mungkin abis batere." Si abang cute langsung nyari cas laptop terus ngecas laptop ku. lima menit kemudian dia coba idupin dan LAPTOPNYA IDUP. IDUP!!! Langsung malu dan ingin mengubur diri. tapi tetap jaga wibawa di depan abang cute. aku : "cuma abis batere ya bang? oh, mungkin karena semalam kerja sampe pagi, jadi baterenya gak kuat." cuih cuih cuih, kerja? yang ada juga ketiduran sampai pa

MAMAK MAUNYA APA

Ini pertanyaan yang sedang mamak ajukan ke diri mamak sendiri, berkaitan dengan si kakak (halah). Rasanya, ilmu psikologi yang mamak pelajari selama 4.5 tahun sia-sia, karena anak sendiri pun gak bisa mamak kendalikan kelakuannya.  Jadi di rumah mamak, ada tetangga baru, rumah yang dulunya kosong, kini terisi kembali. Hati mamak gembira sekali, mana tetangga mamak ini bakul kue pulak. Ah, cocok kali rasa mamak kan. Tapiiiiiii.... si kakak, yang sangat antusias tetanggaan sama teman satu sekolah, euforianya keterlaluan. Buka mata pengen langsung main ke tetangga, dan jadi sering ngebentak-bentak kalo dibilang jangan pergi main. Yah, kan gimana ya, namanya juga orang, pengen tidur, istirahat, makan dan punya banyak waktu bersama keluarganya. Dan kalau si kakak main disitu berjam-jam, yang punya rumah pasti eneg, mau nyuruh pulang gak enak, mau dibiarin makin gak enak. Mamak udah ngasi ceramah sama si kakak, semua stok ceramah agama mamak udah mamak keluarkan. Tapi gak mempan

GAMBAR MAMAK

Semalam si kakak menggambar sesuatu di kertas bekas merk jaket. Dan pas udah selesai, taraaaaaaaa... Kata si kakak, "ini gambar bunda." Mamaknya sih ketawa, ngasi jempol. Dan si kakak mesem-mesem bangga dipuji mamaknya. Tapi sebenarnya dalam hati mamak bergejolak. Kenapa gambar mamak kaya gini, muka mamak dicoret-coret pulak. Maksudnya menggambarkan apa ini nak? Ditambah hidung mamak double gitu. Beserak-serak muka mamak yang ada dalam benak si kakak. Mungkin, ini teguran dari kakak dan Tuhan. Sebagai mamak, mamak masih berantakan dalam mendidik si kakak, gak bisa kasi contoh yang baik juga. Hobi ngomel dan marah-marah. Tiap dia mau ngomong disuruh diam. Sampai-sampai, si kakak tiap malam ngomong, "Bund, Pa, kakak haus." Mamak bapaknya yang flat ini ngomong, "minumlah kalau haus." "Kakak haus perhatian." Mamak sama bapak pandang-pandangan. Terus ketawa.  Padahal banyak makna pastinya dari kata-kata si kakak itu. Seja