Langsung ke konten utama

RUMAH DARA (H)




Udah pada nonton belum pilem "Rumah Dara(H)" Aku nonton hari senin kemarin, dan sampai detik ini, bayangan si Dara itu masih ngikutin kemanapun aku pergi.

Awalnya, aku fikir itu pilem drama biasa. Judulnya aja Rumah Dara (H nya gak kelihatan). Palingan juga cerita tentang kos2an cewek yang terlibat cinta dengan anaknya yang punya kos. Gak seru, not my type. Tapi perkiraan itu langsung sirna, setelah dua orang temanku nonton dan bilang ternyata pilem seram. Sebangsa dengan Air Terjun Pengantin, pilem psikopat. Adrenalinku terguncang, kenapa aku ketinggalan? Padahal selama ini aku gak pernah ketinggalan pilem horor baru. Dengan tekad bulat, aku janjian dengan Indah. Bermodalkan uang 21ribu, aku mengarungi jalan raya menuju ke Holiday 88 di SSQ. Nyampe di bioskop tepat waktu, bayar parkir seribu, beli karcis 15ribu, masih ada 5ribu lagi pertahanan hidup. Dengan gagah berani, aku dan Indah memilih duduk di atas. Aku yang paling ngerasa keren, aku udah khatam nonton pilem hantu. Udah gak kaget lagi, biasa aja. Palingan adegan biasa, hantunya muncul tiba2 dari kolong tempat tidur, ato muncul di cermin. Standar lah. Yang bikin kaget kan bunyi musiknya, JEGAR JEGAR... Hantunya gak nyeremin. 

Kesan pertama masuk bioskop, panas, AC nya gak nyala. Indah duduk dengan tenang di sebelahku. Pengalaman2 sebelumnya sih, Indah cuma pasang badan aja nemenin aku nonton. Pada kenyataannya aku nonton sendiri, Indah maen game, onlen, nutup muka pake jilbab. Paling enak nonton pilem horor sama Nanien, kami bisa teriak bareng, kaget bareng dan ngebahas pilemnya pas pulang. Sayang dia sudah bersuami, terlalu cepat dia memutuskan bersuami, aku jadi single fighter bertualang nonoton pilem horor.

Dengan mengabaikan udara panas, aku duduk dengan penuh percaya diri. Pilemnya mulai main, masih biasa, kayanya ketebak jalan ceritanya. Mataku gak lepas dari layar, Indah udah mulai gelisah. Nyampe lah adegan intinya, bunuh2an di Rumah Darah itu. Aku mulai histeris. Indah udah ngeluarin hape. Aku deg2an liat muka Ibu Dara. Kenapa mukanya bisa sedatar itu? Kali ini aku meleset, yang serem gak cuma musiknya, semuanya serem. Indah udah gak ngeliat ke layar, dia onlen. Aku yang tangguh, tetap nonton, walopun nutup mata pake jilbab, pilemnya tetap kelihatan kok. Aku histeris, dikit2 ngomong,

"Ndah, Ndah, lihat tu..." Indah cuek.....

"Ndah, lihat muka ibuk nya...." Indah tetap diam.....

"Ndah, mati dia Ndah, dibunuh...." Indah gak mengacuhkan ku...

"Ndah, Ndah, aku pengen muntah...."

Beneran aku mual. Bukan, jangan salah sangka,  aku gak hamil kok. Aku muntah ngeliat adegan pembunuhan terang2an itu. Aku gak sanggup. Gak sanggup. Tapi gak mungkin keluar, kalo pas lagi turun tangga, muka ibu Dara di klos ap, pasti aku shock. Aku harus bertahan. Pembunuhan demi pembunuhan masih bisa aku toleransi dengan nutup mata pake jilbab, pas adegan mutilasi tanpa sensor, ngeliat darah muncrat2, ngeliat tangan orang dipatah2in, ngeliat ibu hamil melahirkan sendiri, aku menyerah. Adegan selanjutnya lebih bagus, aku maen game di bioskop. Bersama Indah, kami menundukkan kepala dalam2, menulikan telinga dari pilem itu. Sekali2 angkat kepala nunduk lagi. Lumayan, sempat gameover dua kali, gak dapat skor tertinggi. Lama banget rasanya waktu. Kami cuma numpang maen game di bioskop yang panas ini. Gak sampe seperempat pilem yang dilihat. Mulailah kami menyalahkan pihak2 terkait...

Indah   : "Siapa yang buat pilem nih, gak bisa ya buat pilem lain yang lebih manusiawi."

Aku   :  "Ya, aku lebih suka lihat  pilem hantu beneran daripada adegan bunuh2an."

Indah   :  "Kok lulus sensor ya pilem kaya gini. Keluar yok"

Aku   :  "Jangan Ndah, nanti pas kita keluar, muka ibu Dara klos ap, biar bertahan aja."
Indah   : "Kata Adi emang seram, tapi aku gak nyangka seseram ini. Tu kan kau, coba nonton yang lain."

Aku  :  "Enak aja, Adi yang salah kenapa gak ngomong lengkap2."

Diam lagi, konsentrasi maen game............

Aku   :  "Aku mual, aku pengen muntah lihat bunuh2an kaya gitu."

Indah  : "Kalo aku gak tega..."

Aku   :  "Berarti kau ada bakat kejam Ndah."

Okeh pembicaraan jadi meleset.... Akhirnya, dengan putus aku bilang

"Ndah, aku pengen minta lagi duit aku sepuluh ribu, kan yang kita lihat gak nyampe seperempat."

Akhirnya siksaan berakhir. Adegan diakhiri dengan klos ap tangan bu Dara yang bergerak2. Gak ngerti juga inti pilem itu apa. Yang jelas, bu Dara melakukan praktek perdagangan organ tubuh manusia. Tapi, kenapa keluarga bu Dara jadul2 ya? Apa mereka itu hantu? Ato mereka emang orang jaman 1880 an yang terus hidup pake organ tubuh orang lain. Gak jelas. Seharusnya kan, keluarga bu Dara biasa aja, gak perlu pake bahasa..

"Apakah kamu tidak ingin beristirahat malam ini dengan tenang?" 

Tidak nya itu pake tasdik ya, TIDAQ. Bahasa jaman dulu. Aneh.... Mengambang. Walopun pake organ tubuh orang, nyawa kan gak bisa dibeli. Aku pikir, ibu Dara itu hantu yang tersesat. Tapi ternyata nggak, anak2nya mati semua, dia juga akhirnya mati walopun tangannya bergerak2. Hanya sutradara yang tahu latar belakang keluarga bu Dara.

Pulang nonton, kami memaksakan diri makan mie ayam dengan memakai uang recehan yang tersisa. Indah makan bakso. Pas nyampe rumah, aku masih teringat bu Dara. Indah sempat membuat pernyataan,
  
"Tiba2 aku mikir, bakso yang aku makan tadi itu daging orang yang dibunuh bu Dara."

Ihhhhh, aku mual, tapi aku kan gak makan bakso. Aku makan mie ayam, biarlah Indah sendiri yang mikir gitu. Aku nggak. Sampe sekarang aku masih ngerasa bu Dara ada di dekat aku. Tadi malam aku tidur jam 3 pagi, yang aku bayangkan, bu Dara lagi nongkrong di atas lemari sambil bawa2 sinso.

Sekarang, aku masih teringat2 bu Dara dan keluarganya. Aku trauma ngeliat mereka. Apalagi bu Dara yang bawa2 sinso. Bunyi sinso nya terngiang2 di telingaku, BREM BREM BREM........ Putus kepala orang satu. AKKKKKKKKKKKKKKKHHHHHHHHHHHHH..............

Komentar

  1. alah nanan penakut nonton Rumah Dara aja takut. nonton Texas Chainsaw Massacre atau SAW nanan nangis darah tuh.. xD

    BalasHapus
  2. hehehe serem banget emang kak? katanya ahli horor ;D ata.

    BalasHapus
  3. hei genre mu itu kan film2 'suster ngesot', 'bangsal 13', 'perawan jeruk purut', 'hantu kuburan'??? mengapa nonton rumah dara!!! ha ngajak lagii!!!!

    BalasHapus
  4. gyahahahahahaha.... lucu-lucu... kak nanan sok-sok'an sih... jadinya gitu deh, mual... hahaha...
    ajak aku, pst aku jg ikut teriak2... hhahahaha

    BalasHapus
  5. horor ama thriller beda yah??
    gw mah ga suka horor..

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ada blog baru ini jadi semangat buat posting. Maklum manusia purba , orang-orang udah basi tapi aku baru mulai, selalu begitu..... Jadi semalam pagi2 aku stress berat. idupin laptop gak bisa.. Padahal baru dicas sampe penuh P adahal laptop ku baru Tuhan apa yang terjadi? dengan nafsunya aku bawa laptop ke tukang serpis. sekalian komplen masa laptop baru udah rusak. sampe disana, abang yang nyerpis laptopnya cute dan kelihatannya masih sangat brondong. abang cute :"Kenapa laptopnya BUK?" ahhhh, aku ibuk2? aku : "gak mau idup bang, padahal baru di cas semalam jadi gak mungkin abis batere." Si abang cute langsung nyari cas laptop terus ngecas laptop ku. lima menit kemudian dia coba idupin dan LAPTOPNYA IDUP. IDUP!!! Langsung malu dan ingin mengubur diri. tapi tetap jaga wibawa di depan abang cute. aku : "cuma abis batere ya bang? oh, mungkin karena semalam kerja sampe pagi, jadi baterenya gak kuat." cuih cuih cuih, kerja? yang ada juga ketiduran sampai pa

MAMAK MAUNYA APA

Ini pertanyaan yang sedang mamak ajukan ke diri mamak sendiri, berkaitan dengan si kakak (halah). Rasanya, ilmu psikologi yang mamak pelajari selama 4.5 tahun sia-sia, karena anak sendiri pun gak bisa mamak kendalikan kelakuannya.  Jadi di rumah mamak, ada tetangga baru, rumah yang dulunya kosong, kini terisi kembali. Hati mamak gembira sekali, mana tetangga mamak ini bakul kue pulak. Ah, cocok kali rasa mamak kan. Tapiiiiiii.... si kakak, yang sangat antusias tetanggaan sama teman satu sekolah, euforianya keterlaluan. Buka mata pengen langsung main ke tetangga, dan jadi sering ngebentak-bentak kalo dibilang jangan pergi main. Yah, kan gimana ya, namanya juga orang, pengen tidur, istirahat, makan dan punya banyak waktu bersama keluarganya. Dan kalau si kakak main disitu berjam-jam, yang punya rumah pasti eneg, mau nyuruh pulang gak enak, mau dibiarin makin gak enak. Mamak udah ngasi ceramah sama si kakak, semua stok ceramah agama mamak udah mamak keluarkan. Tapi gak mempan

GAMBAR MAMAK

Semalam si kakak menggambar sesuatu di kertas bekas merk jaket. Dan pas udah selesai, taraaaaaaaa... Kata si kakak, "ini gambar bunda." Mamaknya sih ketawa, ngasi jempol. Dan si kakak mesem-mesem bangga dipuji mamaknya. Tapi sebenarnya dalam hati mamak bergejolak. Kenapa gambar mamak kaya gini, muka mamak dicoret-coret pulak. Maksudnya menggambarkan apa ini nak? Ditambah hidung mamak double gitu. Beserak-serak muka mamak yang ada dalam benak si kakak. Mungkin, ini teguran dari kakak dan Tuhan. Sebagai mamak, mamak masih berantakan dalam mendidik si kakak, gak bisa kasi contoh yang baik juga. Hobi ngomel dan marah-marah. Tiap dia mau ngomong disuruh diam. Sampai-sampai, si kakak tiap malam ngomong, "Bund, Pa, kakak haus." Mamak bapaknya yang flat ini ngomong, "minumlah kalau haus." "Kakak haus perhatian." Mamak sama bapak pandang-pandangan. Terus ketawa.  Padahal banyak makna pastinya dari kata-kata si kakak itu. Seja