Langsung ke konten utama

PSI A/2002/UINRIAU






Semalam, aku pergi ke rumah sodara. Gak terlalu jauh dan gak niat lama, makanya gak pake baju yang macam2. Celana hitam, jaket abu2 dan jilbab ungu. Waktu ngaca, ketawa sendiri karena ngerasa gak matching. Tiba2 jadi ingat masa muda.... Masa2 kuliah dulu, karena anak kelas kami, ahli mengkritik orang lain, terutama orang yang pake baju gak matching. Kalo aku lewat didepan mereka pakaian seperti itu, pasti dibahas langsung, dengan tajam.... setajam silet........................................

Aku  masuk kuliah tahun 2002, ngambil jurusan psikologi di UIN Riau. Tahun itu, baru di sana yang ada jurusan psikologi. Maka terdamparlah aku pada sebuah kelas, dimana anak2nya benar2 terpecah belah, jauh dari rasa persatuan dan kesatuan...... Beneran, aku duduk di kelas A angkatan 2002, penghuninya cewek semua. Semester awal, ada cowok tiga biji, kurang satu, tinggal dua, semester berikutnya kurang lagi, sampai habis sama sekali. Sebagaimana jaman orde baru, kursi2 kelas terbagi dua, yaitu sayap kanan dan sayap kiri, begitu juga kelas kami. Anak sayap kiri biangnya rusuh, heboh dan tukang kritik. Anak sayap kanan bagian yang kalem2, baik2, gak pernah ribut berlebihan. 

Kelas A, gak pernah kenal istilah kompak. Sering terjadi perpecahan, keributan dan buntutnya sindir menyindir, gak teguran. Kaya anak SD. Semua punya gank masing2. Kalo main tunggal, biasanya anaknya kurang terkenal. Aku, termasuk dalam warga yang selalu duduk di sayap kiri. Kalo lagi ngerumpi, ributnya setengah mati. Kalo lagi gosip, jadi kompak banget. Tapi, kalo udah ada satu orang aja yang ngerasa gak senang dengan anak lain, dijamin anak yang gak disenangi itu akan mengalami trauma akut karena mendengar sindiran pedas setiap hari.

Jadi ingat, aku dulu temenan satu gank berempat. Gak tahu kenapa, pas seorang dosen ngadain acara di daerah Rumbai, ada oknum yang ngerasa gak suka dengan gank kami yang sebenarnya biasa aja. Hasilnya, sepanjang acara berlangsung, gank kami dikucilkan, diabaikan, disindir2, gak diajak ngobrol, gak diajak foto2. Parah. Karena merasa tersiksa, kami pulang duluan. Di Mobil, anak2 nangis. Kecuali aku, aku tegar bertahan untuk gak nangis mendapatkan perlakuan keji itu. Tapi, ya gitu aja. Besok2nya baik lagi, ngobrol lagi, gosip lagi. HAY, kalian anak Psi 2002 kelas A masih ingatkah kalian pernah memperlakukan gank kami secara hina.... Aku masih ingat nama dan wajah kalian secara jelas..... :)

Sesuai dengan perilaku kaum primitif pada umumnya, kalo udah kepepet baru kompak. Waktu lagi nyusun skripsi, aku terpaksa jadi pemain tunggal karena anak2 gank belum ada yang maju. Perlu diketahui ya, di Psi UIN, buat lulus  harus melewati 3 tahap (jama kami dulu, gak tau sekarang gimana). Pertama, seminar proposal, Kedua, ujian kompre. Ujian kompre sama dengan ujian biasa, tapi dilakukan secara lisan. Yang diujiankan juga cuma pelajaran intinya aja, bangsa2nya Psi Klinis, Psi Perkembangan, Psi Sosial, Psi Agama, Psi Industri dan Organisasi, apalagi ya, udah lupa. Terus yang ketiga baru ujian munaqasah (sidang skripsi). Dan sebelum melewati 3 tahap itu, semuanya WAJIB hapal  juz amma, tau kan, ayat2 pendek. Ini suatu tantangan sendiri buat kami, yang rata2 gak punya kemampuan menghafal ayat yang memadai. Hafalannya itu, boleh di angsur2 setorannya ke PA. Saat itu, aku dan Memi yang PA nya sama, kewalahan menghafal ayat2 pendek juz amma. Soalnya skripsi aja udah bikin stress, kalo mesti hafal surat2 pendek sebanyak itu, bisa hangus otak yang udah hank ini. Dengan akal kadal, waktu mau setoran ayat, waktunya harus tepat pas PA sibuk baru nyetor. Bacanya cepat2 supaya gak bisa disimak banget. Hehehee.... sukses lhooo.... PA kami yang baik itu langsung menanda tangani kertas bukti kalo kami emang beneran udah hafal ayat. Tapi tetap aja kami keteteran.

Memi, teman sepenanggunganku saat itu, biang ribut di kelas, dia juga otak pelaku kriminalitas terhadap gank kami. Dia yang menyindir2 pedas secara langsung  sampe Nanien trauma lihat muka Memi (heheheee, ini lebay) Kalo dia udah gak suka, omongannya nyakitin banget. Dia juara ngomong. Kadang heran juga, yang diomonginnya gak selalu betul, tapi karena dia ngomongnya yakin, kayanya jadi benar aja apa yang dia bilang. Sekarang anak iu terdampar di Natuna, udah membangun keluarga sakinah, mawaddah, warahmah, dan dari semua teman2ku yang udah nikah, baru Memi inilah yang bilang kalo nikah itu enak, tentram dan damai. Tuhan telah menunjukkan jalan yang lurus padanya. Okeh, kembali ke juz amma. Aku dan Memi, waktu itu betul2 kepepet. Jadwal kompre udah keluar, seminar udah beres tapi juz amma belum tuntas. Kalo belum tuntas juz amma gak boleh ikut kompre. Daripada gak ikut kompre, lebih baik nipu dikit. Waktu setoran ayat, setelah baca cepat2, kami bilang ama PA udah dihafal semua. PA nya gak percaya, dia sibuk2 nyari2 juz amma nya, kami paksa. Dia bertahan untuk gak percaya, kali ini kami paksa dengan derai air mata. Maka luluh lah sang PA, dia tanda tangan semuanya. Seolah2 kami emang udah beneran hafal juz amma itu..... HORE..... Sukses ikut kompre. Oh ya, selain mata kuliah inti, saat kompre ada juga ujian sholat jenazah sama pengetahuan agama atau akidah apa gitu, udah lupa. Aneh2 aja yang nguji. Waktu aku lagi ujian akidah, bapak pengujinya nanya, 
"Kamu pernah tanya nggak sama ayah kamu, uang jajan yang dia kasih ke kamu itu uang halal atau uang haram?"
Aku takjub, bisa2nya bapak penguji punya ide bertanya seperti itu, dan aku jawab dengan lugunya, 
"Gak pernah Pak, udah sukur dikasih. Kalo saya tanyain gitu, nanti bapak saya gak mau kasih jajan lagi."
Bapak itu memandangku dengan tatapan hina. Langsung dia ngasih ceramah panjang tentang uang halal dan uang haram. Selanjutnya, aku berdebat sama dia. Aku mempertahankan jawabanku, yang ternyata, setelah ujian selesai, aku tahu aku salah jawab. Aku udah pesimis gak akan lulus. Ternyata ujian kompreku, lulus. HORE......

Waktu munaqasah, kami dapat jadwal pertama. Entah karena dosa udah nipu hapalan juz amma, sebelum dibantai sidang, ketua sidang nanya hafalan. Dia menyebutkan sepenggal ayat, terus kimi harus menyelesaikannya. Semua shock. Kadang, dia baca ayat paling akhir. Bayangin aja, dia baca awalnya aja udah gak mampu melanjutkan apalagi yang dibaca ayat paling akhir. Mana bacaannya sempurna dengan tajwid maksimal, makin keriting otak ingat2 hapalan. Palingan, kalo udah mentok, pasang senyum aja plus muka minta dikasihani. Giliran aku yang maju, dengan penuh percaya diri, karena merasa yakin saat pengerjaan skripsi aku terjun 100%, tanpa mencontek skripsi siapapun. Aku merasa mampu menjawab, karena sehari sebelum sidang, anak2 yang sidang hari itu ngumpul buat belajar sama2. Membahas skrispi masing2. Ternyata tak seindah yang dibayangkan. Aku hancur sehancur2nya, karena gak melampirkan Surat Pernyataan telah melakukan penelitian. Skripsi ku waktu itu judulnya, Perbedaan Stress Pada Wanita Hamil Pertama Yang Berusia Kurang Dari 20 Tahun dan Lebih Dari 30 tahun, Study Pada Wanita Hamil di Kota Pekanbaru. Aku juga gak ngerti, setan mana yang menghembuskan ide untuk mengambil sampel ibu hamil dari satu puskesmas di 11 kecamatan yang ada di Pekanbaru. Tapi yang jelas, aku cuma punya surat pernyataan dari RSUD. Bukannya aku ilegal ya, tapi emang surat rekom penelitian dari Kesbang cuma dapat sebiji. Setiap tempat minta yang asli. Gak mungkin aku minta 11 biji surat rekom dari kesbang. Ngurus yang sebiji itu aja udah seminggu. Jadilah, waktu pengumuman, dengan yakin ketua sidang bilang, DITUNDA. Apa itu ditunda? Bilang aja GAK LULUS!!! Aku dikasih waktu seminggu buat melengkapi surat pernyataan itu. Ah, bertele2. Padahal secara isi skripsi, udah keren banget. Tebal, panjang, banyak angkanya. Kurang itu aja dipermasalahkan. Tapi tetap aja aku gak bisa bertahan dengan alasan skripsi yang aku buat udah keren menurutku. Aku bertualang di rimba Pekanbaru, dan berhasil mendapatkan surat pernyataan itu. Dengan penuh kemenangan, suratnya aku antarkan ke Pudek III. Sebelum pergi, aku diceramahinya tentang betapa pentingnya surat pernyataan itu demi legalitas sebuah penelitian, bla bla bla..... Ahem, akhirnya aku LULUS dengan nilai B. Nilai B udah bagus banget waktu itu. Gak tau kenapa ya, pas angkatan kami, dosen2nya susaahhhhhh banget ngasi nilai A. Setahu aku, sampe sidang terakhir periode Februari 2007, nilai paling tinggi, B. Cuma beberapa orang yang dapat nilai B, termasuk aku (Ahem, lobang hidung mekar...), maka terjadilah ijab itu,
Dengan ini menyatakan bahwa saudara Rinanda Tesniana berhak menyandang gelar Sarjana Psikologi beserta hak2 yang terkadung didalamnya
HOREEEE.....  Setelah berjuang untuk mendapatkan gelar kesarjanaa itu, pas udah mendapatkannya, BIASA AJA. Kadang malah lupa ngasi embel2 S dibelakang nama. 

Dulu, benci banget rasanya. Harus belajar mata kuliah agama, yang rasanya gak ada hubungannya sama Psikologi. Kalo mata pelajaran agama yang umum, kaya Aqidah atau Tafsir Hadist, masih bisalah dimaklumi. Nah ini, kami dipaksa harus lulus bahasa arab 4 SKS. Asal tahu aja, aku udah 3x ikut ujian itu gak lulus. Banyak kok anak2 lain yang berpartisipasi remed ujian bahasa arab. Waktu itu, karena udah putus asa dan merasa gak akan bisa lulus selama2nya dengan otak sendiri, terpaksa pake otak orang. Jadilah, Eren, lulusan pesantren yang   merangkul teman2 jahiliyahnya ini. Eren ikut masuk ke ruang ujian, dia mengerjakan semua soal, kami tinggal duduk manis nunggu Eren selesai... Heheheee.... thanks so much to Eren, banyak pahalanya karena anak2 lulus semua.

Anak Psikologi 2002 kelas A, gak kompak, itu benar. Tapi jangan salah, kami  juga bisa kompak kalo lagi mengkritisi suatu hal. Kami ahli kritik. Kalo lagi nunggu dosen, atau lagi jam istirahat, anak2 duduk di tangga yang menghadap ke jalan. Gedung Psi saat itu emang dalam posisi baik, dimana menjadi gedung pertama dari seluruh fakultas yang ada, kami jadi leluasa mengkritik setiap makhluk yang lewat. Kritikannya gak lepas dari warna baju orang yang tabrakan, 
"WOW, baju cewek itu tabrakan, trus masuk rumah sakit"
atau
"Ih, yang itu tabrakannya langsung meninggal"
Itu pernyataan kalo yang pake baju udah parah banget nabrakin warnanya. Bayangin aja, rok hijau, baju oren, jilbabnya merah, apa gak silau mata lihatnya. Cowok2 gak luput dari perhatian. Jangan ada cowok yang pake baju berwarna norak lewat, pasti langsung dibahas. Ato cowok yang gak pake baju dalam, siap2 malu aja. Parah. Tapi sekarang, aku jadi rindu lagi suasana itu. Suasana kampus. Bisa nyantai, puas ketawa, puas untuk bertingkah seenaknya, puas untuk marah2in dosen yang kelamaan ngajar waktu kuliah sore, kalo kuliah sore harus pulang cepat. Karena pilem korea Full House udah nunggu di rumah. 

Masa kuliah adalah masa transisi. Saat kita harus melepaskan segala atribut remaja untuk memasuki gerbang dewasa awal. Waktu dimana kita seharusnya udah menyelesaikan tugas2 remaja akhir, dan siap untuk melaksanakan tugas2 sebagai dewasa awal. Setelah selesai kuliah, kami semua berpisah, mengejar takdir masing2. Ada yang melanjutkan S2, ada yang berburu kerja, ada yang langsung pergi ke pelosok daerah untuk memulai hidup baru, ada yang nikah. Macam2..... Dan mudah2an, saat kita reuni belasan tahun lagi, kita telah menjadi manusia dewasa,  yang mungkin, gak semuanya sukses, kaya dan mempunyai karir yang gemilang, tapi kita tetap bisa menghargai semua yang telah kita raih. Kita lebih matang untuk menyikapi setiap takdir yang telah terjadi dalam hidup kita masing2. Dan kita akan lebih bijaksana saat melihat teman lain yang lebih segalanya dari kita. Lupakan masa lalu, saat kita bertengkar karena iri dengan teman yang lebih baik, lebih cantik, lebih kaya dan yang terpenting, kita bisa menerapkan ilmu yang kita dapatkan selama menempuh pendidikan, minimal untuk keluarga kita sendiri. 

Apa kabar kalian semuaaaaa wahai anggota Psi A 2002 UIN Riau.......  Eva Yuliza, Maida Adelina, Oliya Bonevi, Memi Suryani, Rina Muharani, Nursiyah, Yuli Fitria, Nurhayati, Merry Anggraeini, Dewi Rahayu NN, Kurnia Adisti, Ika Fatmawati, Vera Hardianis, Reni Rahmalia, Marito Rusni, Billa, Septi Apriyeni, Winda Lestari, Desi Dini Putri, Duma Siregar, Elina Suryani, Herwita, Lindriyani, Maida Yuspita, Kasmawati, Okti, Miss u so much.........................................................................................

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ada blog baru ini jadi semangat buat posting. Maklum manusia purba , orang-orang udah basi tapi aku baru mulai, selalu begitu..... Jadi semalam pagi2 aku stress berat. idupin laptop gak bisa.. Padahal baru dicas sampe penuh P adahal laptop ku baru Tuhan apa yang terjadi? dengan nafsunya aku bawa laptop ke tukang serpis. sekalian komplen masa laptop baru udah rusak. sampe disana, abang yang nyerpis laptopnya cute dan kelihatannya masih sangat brondong. abang cute :"Kenapa laptopnya BUK?" ahhhh, aku ibuk2? aku : "gak mau idup bang, padahal baru di cas semalam jadi gak mungkin abis batere." Si abang cute langsung nyari cas laptop terus ngecas laptop ku. lima menit kemudian dia coba idupin dan LAPTOPNYA IDUP. IDUP!!! Langsung malu dan ingin mengubur diri. tapi tetap jaga wibawa di depan abang cute. aku : "cuma abis batere ya bang? oh, mungkin karena semalam kerja sampe pagi, jadi baterenya gak kuat." cuih cuih cuih, kerja? yang ada juga ketiduran sampai pa

MAMAK MAUNYA APA

Ini pertanyaan yang sedang mamak ajukan ke diri mamak sendiri, berkaitan dengan si kakak (halah). Rasanya, ilmu psikologi yang mamak pelajari selama 4.5 tahun sia-sia, karena anak sendiri pun gak bisa mamak kendalikan kelakuannya.  Jadi di rumah mamak, ada tetangga baru, rumah yang dulunya kosong, kini terisi kembali. Hati mamak gembira sekali, mana tetangga mamak ini bakul kue pulak. Ah, cocok kali rasa mamak kan. Tapiiiiiii.... si kakak, yang sangat antusias tetanggaan sama teman satu sekolah, euforianya keterlaluan. Buka mata pengen langsung main ke tetangga, dan jadi sering ngebentak-bentak kalo dibilang jangan pergi main. Yah, kan gimana ya, namanya juga orang, pengen tidur, istirahat, makan dan punya banyak waktu bersama keluarganya. Dan kalau si kakak main disitu berjam-jam, yang punya rumah pasti eneg, mau nyuruh pulang gak enak, mau dibiarin makin gak enak. Mamak udah ngasi ceramah sama si kakak, semua stok ceramah agama mamak udah mamak keluarkan. Tapi gak mempan

GAMBAR MAMAK

Semalam si kakak menggambar sesuatu di kertas bekas merk jaket. Dan pas udah selesai, taraaaaaaaa... Kata si kakak, "ini gambar bunda." Mamaknya sih ketawa, ngasi jempol. Dan si kakak mesem-mesem bangga dipuji mamaknya. Tapi sebenarnya dalam hati mamak bergejolak. Kenapa gambar mamak kaya gini, muka mamak dicoret-coret pulak. Maksudnya menggambarkan apa ini nak? Ditambah hidung mamak double gitu. Beserak-serak muka mamak yang ada dalam benak si kakak. Mungkin, ini teguran dari kakak dan Tuhan. Sebagai mamak, mamak masih berantakan dalam mendidik si kakak, gak bisa kasi contoh yang baik juga. Hobi ngomel dan marah-marah. Tiap dia mau ngomong disuruh diam. Sampai-sampai, si kakak tiap malam ngomong, "Bund, Pa, kakak haus." Mamak bapaknya yang flat ini ngomong, "minumlah kalau haus." "Kakak haus perhatian." Mamak sama bapak pandang-pandangan. Terus ketawa.  Padahal banyak makna pastinya dari kata-kata si kakak itu. Seja