Postingan

BERTAHAN ATAU BERPISAH

Gambar
Sebuah rumah tangga, bukan hanya tentang bahagia, ada luka, air mata dan kepedihan di sana. Sebuah rumah tangga, bukan hanya tertawa bersama, tapi juga bagaimana mengatasi emosi bersama. Saat marah begitu menguasai hati, saat ingin pergi, saat ingin memaki, saat ingin meninggalkan satu dan yang lain, namun akhirnya, tetap berdiri disisinya, walaupun dalam  hati banyak luka menganga. Atau, memilih pergi saja, karena sudah tak sanggup berada dalam badai. Semua adalah pilihan. Terserah memilih jalan apa. Karena bahagia kita adalah tanggung jawab kita.
Mengapa harus berpisah?
Perpisahan dalam pernikahan adalah perbuatan halal yang dibenci Allah. Banyak wanita yang memilih meninggalkan suaminya, karena berbagai hal. Yang terkadang alasannya tak semua orang memahami. Yang terkadang luka dalam hatinya hanya dia yang memahami. Jika suami selingkuh, haruskah kita bertahan? Jika suami kdrt haruskah kita bertahan? Jika suami melakukan kekerasan verbal, haruskah kita bertahan? Jika suami yang me…

WEEK END RASA WEEKDAYS

Gambar
Saat ini mamak sedang rindu. Rindu masa lalu. Ketika hari minggu adalah benar-benar hari minggu. Bangun pagi, nonton doraemon, crayon sinchan, sailormoon, detective conan, ninja hattori, dan masih banyak lagi. Mamak rindu masa pulang sekolah, masuk kamar, baca novel, ngemil citato ato mi goreng mentah (pada tau kan? Mi goreng gak dimasak, tapi bumbunya di aduk. Syedappppp). Itu indah sekali. Masa-masa penuh harapan sebagai perawan. Masa-masa gak mikirin makan sekeluarga, handuk kotor, seprei kotor, minyak goreng habis, pempes habis, listrik belum bayar (curhat ini mak, kenapa semuanya kenyataan pada hidup mamak).
Tapi beneran, masa lalu itu enak ya. Masih tinggal sama wawa. Yang gak suka maksa. Mamak bebas. Mau dikamar seharian pun gak papa. Mau beli novel banyak-banyak boleh. Ishhhhh, mamak bisa minta tolong doraemon gak ini ngeluarin pintu kemana saja. Biar mamak bisa ngulang semuanya. Karena sungguh, mamak sangat perlu berhenti sejenak, dan ngelurusin pinggang. Mamak membabu dari …

ULANG TAHUN KAKAK

Gambar
Si kakak adalah anak yang sangat hobi ulang tahun. Dia antusias, bahagia, girang tiap ulang tahun. Mungkin karena ada kue dan kado tiap ulang tahun kakak. Tapi si kakak ini, tiap mau ulang tahun, pasti sakit. Tahun ini, tahun ke 6, sakitnya panjang. Dari campak, demam, bapil. Mamak dan bapak sampai lelah bawa kakak berobat. Gak sembuh-sembuh. 
Hari ini, pas hari H kakak ulang tahun, alhamdulillah, kakak sembuh. Keknya karena nengok kue dan kado. Mamak bahagia kalo anak bahagia. Kakak antusias buka kado, makan kue. Senang rasanya. Walopun ulang tahun menjadi kontroversi, gak boleh ngerayain ulang tahun anak. Tapi itulah, membahagiakan anak adalah kenikmatan yang gak terbayar bagi seorang ibu. Semoga pelan-pelan, mamak bisa menghilangkan kebiasaan ulang tahun dengan kue dan kado si kakak. Secara perlahan menanamkan tauhid dalam hati kakak, memberi tahu kakak bahwa ulang tahun bukan untuk dirayakan dan bersenang-senang, tapi sebagai sarana intropeksi, karena jatah di hidup semakin berku…

ASISTEN RUMAH TANGGA

Gambar
Punya asisten rumah tangga gak selamanya enak, apalagi bagi mamak-mamak perfeksionis, yang ngerasa rumahnya belum bersih, kalau belum disapu sendiri. Duluuuu, waktu mamak masih remaja, wawa terbiasa menggunakan art. Tapi ya itulah, kadang art ini bikin majikannya makan hati, lebih daripada majikan gaya hidupnya. Yang pertama art wawa namanya kak su, ini art paling most wanted. Nurut dan gak neko-neko. Berenti kerja karena cucunya lahir dan pengen momong cucu. Art wawa selanjutnya udah gak ada yang benar. Tingkahnya macam-macam. Yang hobi pacaranlah, kalo rumah kosong suka berbuat yang aneh-aneh, ada yang malas banget, udah lama kerja tapi gak pernah ada inisiatip, kalo wawa gak nyuruh, duduk nonton tipi seharian, ada yang rajin tapi manja banget, pas sakit, si ibu yang jadi perawat pribadinya, dari ngasi obat sampai suapin makan. So many. Sampai pada titik, wawa lelah make art, dan cuma pake art cuci setrika aja. 
Kerjaan rumah tangga itu seperti unfinished bussiness, tak pernah sele…

"BUND"

Gambar
Seumur hidup, mamak gak pernah secara live liat penampakan. Jangan sampe ya Allah. Gak sanggup rasanya. Dengar kertas kresek-kresek dari ruangan sebelah aja, udah lari-lari ke luar ruangan. Bayangin mamak lari. Bahkan itungan berat badan mamak aja bikin aplikasi bmi eror, saking banyaknya. Kalo mamak keseringan lari-lari karena bunyi kresek, takutnya gedung kantor mamak gak panjang umurnya.
Kalau ngeliat memang gak pernah, tapi mencium bau, atau ngeliat yang melintas gitu ya pernahlah. Atau mendengar suara-suara. Adalah beberapa kali. Sebagai pengemar berat filem hantu lokal, mamak bersyukur, gak dikasi ngeliat langsung. Trauma parah mamak nantik. 
Walaupun bukan malam jumat, tadi malam mamak mengalami kejadian menyeramkan. Pas mamak mau sholat isya, karena anak bayi udah bobo, si bapak juga bobok. Mamak pergi ke belakang mau wudhu. pas lagi bersihin muka, si bapak manggil, 
"Bund." It was so real. Suaranya dekat banget. Dalam otak mamak, si bapak ngapain ke dapur, mungkin …

PANIC ATTACK

Gambar
Kelemahan seorang mamak adalah, lemah kalo liat anaknya sakit. Disitulah mamak jadi sensitip dan lebay. Mudah menangis dan marah. Si kakak udah gak ada sehatnya dari 2 minggu yang lalu. Jumat tanggal 24 November kena campak, sampai sekarang belum ada fit badannya. Mamak sedih. Liat kakak gak selera makan sampai bibirnya pecah-pecah.


Semalam si kakak udah mulai bisa sekolah, tapi tadi pagi drop lagi. Ya Allah. Mamak mesti kerja, ninggalin kakak di rumah kek ninggalin separuh nafas. Sedih rasanya. Maapkan mamak ya kak. 
Ini sebenarnya adalah rutinitas tahunan. Si kakak mau ulang tahun ke 6 bulan ini. Udah 5 kali mengulang hari lahir, ke lima nya kakak sakit. Tapi yang keenam
kali ini sakit yang paling berat, dan lama. Entahlah, mamak juga heran, kenapa si kakak tiap ulang tahun malah sakit.

Mamak banyak berdoa supaya si kakak sehat. Ngeliat kakak sakit lama, berat badan mamak geser kanan. Mamak makin stres makin banyak makan. Makin banyak pikiran, makin banyak mengunyah. Syafakillah ka…

IKAN ASIN PEREK II

Gambar
Ternyata gugel bisa syalah jugak. Mamak udah percaya 100 persen kalau ikan yang mamak save image itu adalah ikan asin perek, ternyata menurut si bapak totally wrong. Itu bukan ikan asin perek. Sedih mamak, mana si ibu udah wawancara pedagang ikan asin di pasar, nanyain ikan asin perek. Tapi pedagang ikan asin gak ada yang tau bentuk ikan asin perek. Jadi si ibu memutuskan untuk membeli ikan asin yang penampakannya paling mirip gambar yang mamak cari di gugel. 
Sebelumnya, mamak meyakinkan diri dengan kirim wa sama si teteh

Jangan gagal pokus sama panggilan mamak ya, bagi teteh, mamak kadang jadi adeknya, kadang jadi tante anak-anaknya. Makanya panggilannya jadi labil gitu. 
Karena jawaban teteh lebar gepeng, makin yakin mamak. Bener gugel, itulah ikan asin perek. 
Pulang kerja, mamak tanya, 
"Bener kan pak, itu ikan asin perek?"
"Salah bund. Ikan asin perek gak dibelah gitu."
Ternyata sodara-sodara, ini dia ikan asin perek versi bapak yang berbeda sama versi gugel